2 Teknik saat berkomunikasi dengan pelanggan


2 Teknik saat berkomunikasi dengan pelanggan. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat berkomunikasi dengan pelanggan agar informasi atau pesan yang kita sampaikan bisa sampai dan diterima dengan baik oleh si pelanggan, jangan sampai terjadi kesalahpahaman paling tidak si pelanggan bisa menjauh dari anda karena hal-hal yang tidak di perhitungkan.

Berikut 2 teknik saat berkomunikasi dengan pelanggan dari bigipratama :

Hindari kata-kata negatif atau penolakan secara langsung
Umumnya pelanggan paling tidak suka mendengan kata tidak, tidak boleh, tidak bisa dll.
Mari simak contohnya, misalkan ada pelanggan baru yang menelpon

Kasus :
Pelanggan : Hallo selamat siang, apakah anda menjual mesin absensi?
Anda : Mohon maaf, kita tidak menjual mesin absensi bu

nah kita bandingkan dengan yang dibawah ini,

Pelanggan : Hallo apakah anda menjual mesin absensi?
Anda : Selamat siang bu, oh ya untuk sementara ini kami hanya menjual mesin printer saja bu, apakah ada yang bisa kami bantu.

nah anda bisa membandingkan, dan menambahkan, kata-kata yang manakah yang pelanggan lebih sukai :)



Mengulangi Informasi yang disampaikan pelanggan dengan tulus
Jika anda pernah pergi ke restaurant, mungkin saat anda selesai memesan makanan, si pelayan biasanya mengulangi dengan membacakan apa yang sudah kita pesan, akan tetapi hal yang harus kita perhatikan adalah ketulusan saat mengulangi informasi tersebut, agar si pelanggan tau bahwa kita serius memperhatikan apa yang dia inginkan, semoga anda faham ya :)

misalkan, bayangkanlah anda mempunyai bengkel mobil, terus ada pelanggan baru yang datang kepada anda, dan dia mengeluh :

Pelanggan : Pak tolong liat mobil saya ya, soalnya mobil saya bunyinya agak kasar saat dijalankan, dan anehnya di knalpot suka keluar asap banyak sekali,
Anda : baik pak secepatnya kami akan perbaiki.

Si pelanggan mungkin berfikir apakah anda memperhatikan keluhan dia atau tidak, mari kita bandingkan,

Pelanggan : Pak tolong liat mobil saya ya, soalnya mobil saya bunyinya agak kasar saat dijalankan, dan anehnya di knalpot suka keluar asap banyak sekali,
Anda : Emm ok pak jadi saat bapak jalankan mesinnya suka ada bunyi kasar dan diknalpot suka keluar banyak asap ya pak, dan blablablabla (ingat harus dilakukan dengan tulus dan fokuskan komunikasi anda dengan pelanggan)

Jawaban mana yang anda sukai? :)

Baca Juga :
Bolehkah seorang Atasan Menegur Bawahannya
2 Rahasia Cara Berkomunikasi Yang Baik
8 Cara Terbaik Agar Disukai Orang Lain Kurang Dari 90 Detik
Awas ada 5 kebiasaan kecil yang harus dihindari saat orang lain berbicara!
- Istilah-istilah penting dalam jual beli online Terbaru

Related Posts